5 Makanan Diet Untuk Dampingi Latihan Cardio Kamu

Tak jarang orang yang sedang berdiet mengesampingkan makanan dan memilih terus berolahraga agar lemaknya segera hilang. Pemikiran seperti itu sangatlah keliru. Sebab, tubuh pun perlu asupan untuk membentuk energi dan memperlancar kinerja organ dalam tubuh. Jika asupan tubuh tidak dipenuhi, kemungkinan besar kamu akan sakit.

Ketika diet, kamu tetap harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh. Nutrisi makanan berikut ini tetap harus kamu konsumsi selagi diet, agar diet dan latihan cardio-mu tidak sia-sia.

  1. Karbohidrat

Meskipun sedang diet, karbohidrat tetap harus konsumsi. Sebab, karbohidrat memiliki peran penting dalam menjaga kadar gula dalam darah. Dengan demikian, kamu terhindar dari penyakit seperti diabetes. Pilihlah makanan berkabohidrat yang membuat perut kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung karbohidrat antara lain biji-bijian, gandum, kacang-kacangan, sayur, dan buah.

  1. Protein

Ada beberapa makanan berprotein yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang diet, yaitu telur, yoghurt, makanan latu, kacang, dan oatmeal. Telur mengandung protein tinggi sehingga membuat perut merasa kenyang dalam waktu lama. Jika kamu ingin mengonsumsi yoghurt, pilihlah yoghurt yang rendah lemak dan tidak mengandung gula agar progam dietmu sukses.

  1. Lemak

Meskipun salah kegiatan yang dilakukan dalam diet adalah membakar lemak, tetapi tetap saja lemak dibutuhkan tubuh. Lemak yang dimaksud adalah jenis lemak tak jenuh. Lemak ini baik untuk tubuh karena berperan sebagai sumber asam lemak dan kalori. Kedua zat tersebut dibutuhkan saat berolahraga. Makanan yang mengandung lemak baik yaitu alpukat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Sayur dan buah

Saat sedang diet, kamu harus banyak mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Hal ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi dapat segera dicerna sehingga perut tidak membuncit. Buah yang tinggi kandungan seratnya yaitu mangga, pisang, jeruk, apel, dan stroberi. Sedangkan, sayuran yang berserat contohnya wortel, kentang, bayam, kembang kol, dan brokoli.

  1. Air putih

Asupan terakhir yang harus diperhatikan adalah konsumsi air putih. Meskipun terlihat sepele, air putih memiliki peranan penting bagi tubuh. Air putih dapat membantu melancarkan proses pencernaan, membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh, serta membakar kalori. Konsumsilah setidaknya delapan gelas besar dalam sehari.

Diet dan latihan cardio harus dilakukan sesuai porsinya agar mendapat hasil yang maksimal. Jangan sampai karena ingin tubuh ramping dalam waktu singkat kamu justru sakit karena mengurangi asupan makanan secara esktrem. Konsultasikanlah dengan ahli jika kamu merasa bimbang mengambil keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 mangacdn Blog . Powered by WordPress. Theme by Viva Themes.