Erosi Gigi Adalah Penyakit Yang Merusak Keindahan Mulut, Lho!

Erosi gigi adalah suatu keadaan di mana bagian enamel gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi akhirnya terkikis oleh zat asam uang sering masuk ke dalam mulut. Erosi gigi bisa juga disebut dengan dental erasion.

Menurut hellosehat.com, enamel sendiri memang memiliki peranan penting bagi gigi agar tidak mudah keropos. Karena tekstur dari enamel keras jaadi bisa melindungi gigi dari masalah, tidak hanya itu, enamel juga melindungi bagian dentin yang mempunyai sifat sensitif. Ketika bagian enamel ini terkikis, hal yang terjadi adalah bagian dentin akan terlihat. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit bagi pengidapnya. Maka dari itu, jangan sampai enamel terkikis.

Gejala

Gejala yang bisa dirasakan oleh pengidap ketika mengalami erosi gigi ialah enamel yang terkikis, sehingga dapat menghasilkan tampilan gigi yang berkilau juga seperti halus. Pengidap pun akan menjadi merasakan sensitif baik pada minuman maupun makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas karena terkena bagian bawah gigi yaitu dentin.

Saat enamel terkikis, pengidap akan lebih mudah terkena gigi berlubang dan rusak karena enamel yang tidak bisa lagi menahan benda asing yang akan masuk ke dalam gigi seperti bakteri atau kuman.

Pengidap lain untuk erosi gigi adalah ketika mempunyai lubang kecil di giginya akan merasa baik-baik saja, tetapi ketika lubang tersebut membesar dan semakin lama semakin besar, pengidap akan merasa sakit yang teramat sangat sakit. Karena adanya lubang pada gigi akan mempengaruhi saraf kecil yang berada di dalamnya.

Memang ada banyak jenis gejala untuk erosi gigi yang bisa dirasakan oleh pengidap dan berrbeda-beda. Ada banyak gejala yang mungkin tidak disebutkan di atas. Maka agar lebih jelas lagi, ketika kaamu merasakan sakit di dalam gigi, kamu harus menghubungi dokter seceoat mungkin.

Penyebab

Penyebab untuk erosi gigi adalah menghentikan makanan dan minuman yang tidak sehat. Di antaranya yaitu minuman yang mempunyai fosfor serta asam yang sangat tinggi, minuman tersebut seperti softdrink yang sering kita minum. Adapula minuman dengan kandungan buah-buahan karena pada buah pun bisa mengandung asam yang lumayan tinggi. Penyakit untuk asam lambung bisa menjadi penyebab dari erosi gigi jika sudah parah.

Selain itu, penyebab untuk erosi gigi yang lainnya adalah melalui adanya gangguan pada pencernaan, mulut dengan air liur yang sedikit sehingga membuat mulut menjadi kering. Faktor keturunan pun bisa menjadi penyebab untuk erosi gigi. Jenis obat tertentu seperti antihistamin dan aspirin, makanan yang mengandung gula seperti pati yang berlebihan, dan faktor-faktor lingkungan seperti mengalami stres, korosi, serta gesekan.

Pencegahan

Erosi gigi adalah penyakit yang bisa dicegah jika kamu tidak ingin merasakan rasa sakit pada gigi,  ada beberapa cara pencegahan yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah dengan mengonsumsi susu atau keju setelah kamu makan karena bisa mengurangi zat asam pada mulut yang dibawa oleh makanan.

Saat kamu ingin menggosok gigi setelah memakan makanan asam, alangkah baiknya tidak langsung dilakukan. Tunggulah maksimal satu jam, baru kamu bisa melakukan penggosokan gigi. Tujuannya adalah membiarkan gigi untuk memulihkan kandungan untuk mineral lagi.

Agar kamu dapat membilas asam yang terbentuk dengan sendirinya di dalam mulut, kamu bisa menggunakan permen karet. Caranya adalah dengan mengunyah terus menerus sehingga air liur dalam mulut semakin banyak terproduksi. Yang harus kamu tahu bahwa permen karet yang dikunyah haruslah yang bebas dari gula.

Itulah ulasan mengenai penjelasan erosi gigi adalah penyakit yang merusak keindahan mulut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 mangacdn Blog . Powered by WordPress. Theme by Viva Themes.