Latihan Cardio – Baik untuk Jantung

Cardio adalah kependekan dari kardiovaskular. Ini adalah sistem yang berpusat di sekitar jantung untuk mengangkut darah yang membawa nutrisi ke berbagai bagian tubuh. Nama yang tepat untuk jenis aktivitas ini adalah latihan aerobik, olahraga yang membutuhkan banyak oksigen selama jangka waktu yang lama. Latihan kardio sangat berbeda dari latihan interval intensitas tinggi yang melibatkan gerakan sangat cepat dalam ledakan singkat (30 detik hingga satu menit), istirahat pendek dan berulang dalam pola siklus. Cardio dilakukan untuk periode waktu yang jauh lebih lama dengan atau tanpa istirahat tergantung pada tingkat kebugaran individu. Kegiatannya termasuk berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan bahkan menari.

Manfaat Latihan Cardio

Manfaat kesehatan dari latihan kardio terkenal dan latihan umum sangat direkomendasikan oleh dokter untuk membantu meringankan sejumlah kondisi. Manfaat meliputi:

Dengan tambahan sirkulasi darah yang dibutuhkan selama latihan jenis ini, jantung Anda akan lebih kuat dan kemampuan tubuh Anda untuk menangani aktivitas yang lebih berat akan meningkat.
Otot akan mendapatkan latihan dan itu membutuhkan energi. Membakar kalori akan membantu menurunkan berat badan dalam bentuk lemak
pelepasan endorfin akan membantu memerangi stres, kecemasan, dan depresi
tingkatkan kompleksi Anda
mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung
Jenis Latihan Cardio

Dampak Rendah – jenis ini memiliki dampak sangat kecil yang berarti itu mengurangi tekanan pada sendi Anda. Berbagai kegiatan meliputi berjalan, bersepeda, berenang, yoga, dan Pilates. Sebagai aturan umum, jenis latihan ini tidak akan meningkatkan detak jantung Anda setinggi dan umumnya digolongkan sebagai latihan yang berjalan lebih lambat. Ini bagus untuk orang yang lebih tua, orang yang kelebihan berat badan atau baru berolahraga dan mereka yang pulih dari cedera.

High Impact – Seperti namanya, Anda akan membuat ketegangan pada tubuh Anda dari latihan plyometric – memaksa tubuh Anda dari tanah dengan gerakan melompat. Kegiatan termasuk jogging, berlari, melompat-lompat dan berlari seperti saat kelas aerobik. Dampak tidak buruk bagi Anda kecuali jika dilakukan dengan tidak benar. Teknik yang baik sangat penting untuk menghindari kerusakan sendi. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat membantu membangun kepadatan tulang yang dapat mencegah atau menunda osteoporosis.

Rincian Sesi Latihan

American College of Sports Medicine merekomendasikan minimal 30 menit latihan kardio moderat lima hari seminggu. Jika intensitas tinggi adalah hal Anda, lakukan 20 menit tiga hari seminggu. Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan tingkat kebugaran mereka, 30-60 menit aktivitas intensitas sedang hingga tinggi lima hari seminggu akan lebih baik.

Untuk membantu mencegah cedera, lakukan pemanasan dengan jogging ringan dan peregangan dinamis. Pendinginan yang melibatkan joging ringan dan peregangan akan membantu menurunkan detak jantung dan suhu tubuh serta menghilangkan asam laktat.

Memutuskan seberapa sulit untuk berolahraga bisa jadi sulit tetapi formula sederhana dapat digunakan untuk menemukan zona pelatihan Anda. Zona pelatihan yang paling direkomendasikan adalah 60-85% dari denyut jantung maksimum Anda. Untuk menghitung rentang Anda, gunakan 220 – usia Anda dan kalikan dengan 0,60 dan 0,85 untuk mendapatkan batas bawah dan atas. Misalnya, orang berusia 40 tahun akan memiliki zona pelatihan detak jantung 117 – 244 denyut per menit.

Saat Anda melakukan latihan kardio, ambil detak jantung Anda dengan merasakan bagian dalam pergelangan tangan atau leher Anda selama 15 detik dan kalikan dengan 4. Beberapa jam tangan olahraga memiliki monitor detak jantung bawaan untuk membuatnya lebih mudah.

Apa pun jenis latihan kardio yang Anda pilih, lakukan secara teratur dan di dalam zona pelatihan Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal. Rutin pelatihan yang baik dipasangkan dengan diet yang sangat baik akan membantu Anda menjalani hidup yang panjang dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 mangacdn Blog . Powered by WordPress. Theme by Viva Themes.